BERITA  

Romo Dr. Maksimus Regus Ditunjuk sebagai Uskup Perdana Keuskupan Labuan Bajo

Max Regus menjadi uskup pertama di keuskupan yang baru dibentuk. Mekar dari Keuskupan Ruteng, keuskupan ini meliputi 25 paroki di wilayah Kabupaten Manggarai Barat

Avatar of Redaksi Krebadia
WhatsApp Image 2023 07 18 at 19.29.13
Uskup Labuan Bajo terpilih Romo Dr. Maksimus Regus, S.Fil, M.Si (Foto: Dokumen Unika Ruteng)

Krebadia.com — Vatikan resmi menunjuk Romo Dr. Maksimus Regus, S.Fil, M.Si sebagai uskup baru untuk Keuskupan Labuan Bajo. Pengumuman resmi disampaikan oleh Uskup Ruteng, Mgr. Sipri Hormat, di Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo pada Jumat 21 Juni 2o24.

Pengumuman uskup terpilih diawali dengan ekaristi yang diadakan di dua tempat, yaitu di Gereja Katedral St. Maria Diangkat ke Surga-St. Yosef Ruteng pada pukul 17.30 Wita untuk umat di wilayah Ruteng dan sekitarnya, dan di Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo.

Romo Max Regus, Pr saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) St. Paulus Ruteng. Beliau dilantik sebagai Rektor UNIKA St. Paulus Ruteng pada 23 Agustus 2023 untuk periode 2023-2027.

Keuskupan Labuan Bajo merupakan pemekaran dari Keuskupan Ruteng dan meliputi 25 paroki di wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Berpusat di kota pariwisata super premium Labuan Bajo, jumlah umat Katolik di wilayah itu mencapai 218.535 jiwa atau sekitar 79 persen dari total penduduk yang berjumlah 276.284 jiwa.

Berikut beberapa informasi penting tentang uskup Labuan Bajo terpilih, Romo Max Regus.

  • Lahir di Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur
  • Mengecap pendidikan di SMP dan SMA Seminari Pius XII. Dan menyelesaikan studi di STFK Ledalero hingga menyandang gelar akademik Sarjana Filsafat dan Teologi Katolik.
  • Ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1995
  • Doktor bidang Humaniora jebolan Universitas Tilburg Belanda.
  • Menjadi Rektor Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng sejak 23 Agustus 2024, sebelum terpilih sebagai Uskup Labuan Bajo.

EDITOR: Redaksi Krebadia.com