Sambut Rektor Baru, Mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng Berharap Unika Berkembang Pesat Mengukir Prestasi di Kancah Regional, Nasional, dan Internasional

WhatsApp Image 2023 06 22 at 20.23.25
Para mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng bergambar bersama sesaat setelah debat calon ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Aula Gedung Utama Timur Unika St. Paulus Ruteng, Rabu 21 Juni 2023. (Foto: Rm. Bone Rampung)

Oleh Adriani Miming (Mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng)

Krebadia.com — Menyambut rektor baru Romo Dr. Maksimus Regus, S.Fil, M.Si, para mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengharapkan Unika milik Keuskupan Ruteng ini semakin berkembang pesat dalam semua aspeknya secara internal, serta semakin berkiprah mengukir prestasi membanggakan di kancah regional, nasional, dan internasional.

Harapan ini terangkum dari pernyataan beberapa perwakilan mahasiswa yang merupakan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unika dan BEM Fakultas, yang ditemui terpisah di Kampus Unika St. Paulus Ruteng, Rabu 21 Juni 2023.

Mereka adalah Ketua BEM Unika Clara Astuti Jaya, Ketua BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Rati Duwung, Ketua BEM Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Oktavianus Wagut, dan Ketua BEM Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Deni Kantus.

Mereka ditanyai pendapatnya tentang peristiwa hari itu, Romo Dr. Maksimus Regus, S.Fil, M.Si diangkat menjadi rektor Unika Santu Paulus Ruteng periode 2023-2027 oleh Yayasan Santu Paulus Ruteng (Yaspar), menggantikan Romo Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A. rektor periode 2019-2023.

Menurut para perwakilan mahasiswa, pengangkatan rektor baru ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh segenap mahasiswa, mengingat masa jabatan rektor lama telah berakhir.

Seraya mengucapkan selamat kepada rektor baru Romo Maksi Regus, mereka tak lupa menyampaikan terima kasih kepada rektor lama Romo John Lon atas semua jasanya sebagai rektor pertama yang telah mengantar Unika St. Paulus Ruteng mencapai tingkat membanggakan seperti sekarang ini.

WhatsApp Image 2023 06 22 at 20.24.26
Clara Astuti Jaya

Unika Terus Berinovasi

Clara Astuti Jaya ketua BEM Unika St Paulus Ruteng mengucapkan selamat atas terpilihnya Romo Maks Regus menjadi rektor baru.

Dia optimistis dan berharap rektor baru mampu menjadikan Unika terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan.

“Semoga dengan terpilihnya rektor baru juga, Unika terus mengukir prestasi di kancah nasional maupun global,” katanya.

Astuti menyampaikan terima kasih kepada rektor lama Romo John Lon atas pengabdian membesarkan Unika mulai dari menjadi ketua STKIP St. Paulus Ruteng hingga menjadi rektor Unika St. Paulus Ruteng.

WhatsApp Image 2023 06 22 at 20.25.16
Rati Duwung

Kembangkan Potensi Mahasiswa

Rati Duwung ketua BEM FKIP mengatakan, banyak hal yang diharapkan dari Romo Maks Regus sebagai pemimpin lembaga selama periode 2023-2027.

“Saya sangat mengharapkan lembaga Unika ini semakin maju dan menghasilkan mahasiswa yang berprestasi,” katanya.

“Sangat diharapkan juga bahwa dengan terpilihnya Romo Maks sebagai rektor yang memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat berintegritas, lembaga ini semakin ketat dalam mengembangkan potensi mahasiswa, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, terlebih khusus dalam penerapan Tridharma Perguruan Tinggi.”

Tridharma adalah tiga fungsi utama yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga fungsi ini disebut juga sebagai Tridharma Perguruan Tinggi.

Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan nasional.

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan menyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat.

Rati Duwung menyampaikan terima kasih kepada Romo John Lon yang telah memimpin Unika periode 2019-2023.

Dikatakannya, Unika berkembang seperti sekarang ini tentu tak lepas dari peran rektor pertama Romo John Lon dalam jalinan kerja sama dengan semua civitas akademika.

WhatsApp Image 2023 06 22 at 20.26.49
Oktavianus Wagut

Lebih Maju, Semakin Dikenal

Oktavianus Wagut ketua BEM FIKES menyampaikan harapan kepada rektor baru Romo Maks Regus agar membawa Unika lebih maju dan lebih dikenal oleh masyarakat global.

“Serta menjadi lebih baik dalam semua aspek, di antaranya dari sisi pengelolaan sumber daya, peningkatan kesejahteraan tenaga kependidikan, dan peningkatan perlengkapan belajar mahasiswa yang selama ini kurang,” katanya.

Oktavianus menyampaikan terima kasih kepada rektor lama Romo John Lon yang sudah berkontribusi dalam membangun dan memajukan Unika tercinta.

WhatsApp Image 2023 06 22 at 20.28.10
Deni Kantus

Fasilitasi Semua Program

Deni Kantus ketua BEM FPP menyampaikan apresiasi dan harapan kepada rektor baru Romo Maks Regus.

“Apresiasi untuk Romo Maks karena sudah terpilih menjadi rektor. Semoga dengan menjalankan tugas barunya ini, apa yang menjadi harapan dari dosen, pegawai, maupun mahasiswa tidak ada kendala atau persoalan,” katanya.

Hal lain yang diharapkan khusus oleh Deni adalah untuk Fakultas Pertanian dan Peternakan. Semoga semua fasilitas yang dibutuhkan oleh mahasiswa dapat terpenuhi.

“Harapan kami sebagai mahasiswa pengurus intra-kampus lebih tepatnya BEM FPP, fasilitasi semua program kami yaitu agronomi, SEP, dan peternakan. Contohnya bisa menyediakan lahan atau kebun untuk kami yang pertanian, karena selama ini juga, kalau soal materi bisa dikatakan sudah maksimal, tetapi untuk praktiknya saya pikir agak kurang,” katanya.

Deni tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada rektor lama Romo John Lon yang mengabdi belasan tahun sejak sebagai ketua STKIP sampai menjadi rektor Unika.

“Semoga dia selalu diberi kesehatan oleh Tuhan karena sudah memberikan yang terbaik untuk Unika Santu Paulus Ruteng,” katanya.

EDITOR: Redaksi Krebadia.com